Lionel Messi telah terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia 2011. Melihat sepak terjang Messi bersama Barcelona, tentu penghargaan ini sangat realistis. Namun dalam sejarah sepakbola, ada beberapa pemain kondang yang kurang beruntung.

Ya, kurang beruntung mungkin menjadi ungkapan yang tepat melihat sepak terjang mereka di atas lapangan. Tak sedikit yang gagal menjadi pemain terbaik dunia karena harus hidup di bawah bayang-bayang pemain lain yang dianggap lebih baik.

Nah, berikut ini 10 pemain kondang yang dalam sejarah sepakbola gagal menyabet penghargaan sebagai Pemain Terbaik Dunia:

1. Paul Scholes

Paul Scholes

Tak ada yang meragukanScholesadalah salah satu gelandang bertahan terbaik dalam sejarah sepakbola. Ia dianggap sebagai salah satu pemain yang memiliki skill komplit. Namun sepanjang karirnya bersama Manchester United dan timnas Inggris, pemain yang terakhir batal pensiun ini tak pernah menyabet penghargaan bergengsi ini.

2. Dennis Bergkamp
Dennis Bergkamp

Bersama timnas Belanda, Bergkamp sebenarnya tampil impresif di Euro 1992 dan Piala Dunia 1994. Ia juga menjadi ikon bagi Arsenal. Namun pada 1993, ia harus kalah bersaing dengan Roberto Baggio dan Romario. Sedangkan pada 1997 ia harus di bawah Ronaldo dan Roberto Carlos. Ketakutan bepergian jauh dengan pesawat ditengarai menjadi salah satu faktor kegagalannya. Sebab, ia harus harus melewati perjalanan panjang dengan kereta api yang tentu melelahkan.

3. Wesley Sneijder
Wesley Sneijder

Karena Sneijder lah gelar Pemain Terbaik Dunia 2010 yang dimiliki Messi menyisakan tanda tanya besar.Trequartista Inter Milan dan timnas Belanda ini dianggap lebih layak menerima penghargaan ini dibanding Messi. Sebab, Sneijder berhasil memberikan gelar treble kepada Inter dan membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010.

4. Thierry Henry
Thierry Henry

Tak dipungkiri jika Henry adalah salah satu pemain terbaik di awal tahun 2000an. Namun ia gagal menyabet penghargaan ini pada 2003 dan 2004. Di 2003 ia harus kalah bersaing dengan Zinedine Zidane, sedangkan di 2004 dikalahkan Ronaldinho.

5. Alan Shearer
Alan Shearer

Shearer adalah ikon Newcastle United dan timnas Inggris. Ia juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Premier League plus pemegang rekor gol terbanyak dalam satu tahun di Premier League. Namun ia lebih banyak meraih penghargaan domestik. Pada 1996, ia hanya mampu berada di posisi ketiga di bawah Ronaldo dan George Weah.

6. Andriy Shevchenko
Pemain yang kerap dipanggil Sheva ini memang pernah mencatatkan diri sebagai Pemain Terbaik Eropa atau Ballon d’Or. Namun mantan pemain AC Milan dan Chelsea ini gagal menjadi pemain terbaik dunia karena Ukraina bukan negara raksasa sepakbola.

7. Pavel Nedved

Pavel Nedved

Seperti Sheva, Nedved juga pernah tercatat meraih Ballon d’Or. Namun sayangnya, legenda hidup Lazio dan Juventus ini juga harus hidup di bawah bayang-bayang Zinedine Zidane.

8. Raul Gonzalez

Raul Gonzalez

Raul gagal menyabet penghargaan ini pada 2001. Ia harus rela berada di posisi ketiga karena kalah bersaing dengan Luis Figo dan David Beckham.

9. Oliver Kahn
Oliver Kahn

Kahn adalah kiper terbaik dalam sejarah sepakbola modern. Kemampuan komplit ditambah karakter kerasnya membuat dia selalu disegani penyerang-penyerang lawan. Pada 2002, ia harus kalah dengan Ronaldo. Namun Kahn tetap bangga karena ia tercatat sebagai satu-satunya kiper yang pernah masuk tiga besar Pemain Terbaik Dunia.

10. David Beckham
Laga Final MLS Cup

Tak ada yang meragukan jika Beckham adalah ikon terbaik dalam sepakbola. Segudang prestasi bersama Manchester United dan Real Madrid plus wajah ganteng membuat Beckham dikenal di seantero jagad. Namun ia gagal menjadi Pemain Terbaik Dunia. Pada 1999, ia kalah dari Rivaldo dan di 2001 kalah dari Luis Figo.

sumber: vivanews.com

About pagon prakoso

setiap hari-hari yang kita lalui adalah untuk belajar, setiap tempat yang kita lalui adalah sekolah, dan setiap orang yang kita jumpai adalah guru

2 responses »

  1. rio mengatakan:

    lajuuuu., brooo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s